detikNews
2019/11/09 13:09:00 WIB

Viral Debt Collector Hampir Diamuk Massa di Menteng, Begini Faktanya

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Halaman 1 dari 1
Viral Debt Collector Hampir Diamuk Massa di Menteng, Begini Faktanya Viral debt collector hampir diamuk massa di Menteng, Jakpus (Screenchot video viral)
Jakarta - Sebuah video berisi keributan viral di media sosial (medsos). Keributan itu disebut terkait dengan penagih utang (debt collector) yang nyaris diamuk massa karena bertindak berlebihan saat akan menagih kreditur.

Disebutkan peristiwa tersebut terjadi di Jalan Tambak Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Peristiwa itu disebut terjadi pada Sabtu (9/11/2019).

detikcom menyambangi lokasi kejadian tersebut. Peristiwa ini terjadi di dekat RSIA Tambak, Jakpus. Soleh, salah seorang saksi mata yang ada di lokasi, membenarkan peristiwa tersebut, yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB tadi.


Lokasi video viral debt collector hampir diamuk massa di MentengLokasi video viral debt collector hampir diamuk massa di Menteng (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Soleh mengatakan kedatangan debt collector tersebut tak diinginkan kreditur, yang lalu membawa sejumlah warga. Debt collector tersebut lalu diamankan untuk menghindari amuk massa.

"Kejadiannya waktu debt collector itu membawa yang bersangkutan (kreditur) kemari, yang bersangkutan langsung marah-marah. Tiba-tiba dia (kreditur) datang lagi sama warganya kemari. Langsung kan tukang ojek-ojek itu pada datang. Masuklah, dilindungin ke kantor satpam sini (RSIA Tambak)," kata Soleh saat ditemui di sekitar lokasi kejadian.

Seorang petugas keamanan yang juga jadi saksi mata lainnya mengatakan debt collector tersebut dikejar warga karena membawa motor kreditur. Saksi yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan dirinya langsung lapor polisi agar debt collector diamankan.


"Pas saya mau keluar, tiba-tiba ada ramai-ramai, dari sana, Manggarai. Katanya motornya diambil. Terus diuber, tiba-tiba keroyokan, tahu-tahu sudah saya amanin. Udah gitu aja. Terus lapor polisi, sudah," kata salah seorang petugas keamanan di RW 06 Jalan Tambak.

Peristiwa terjadi di dekat RSIA Tambak Jakpus. 2 debt collector diamankan sekuriti dari amuk massaPeristiwa terjadi di dekat RSIA Tambak Jakpus. Dua debt collector diamankan sekuriti dari amuk massa (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Pihak keamanan ini mengatakan membawa dua orang debt collector yang hampir diamuk massa itu. Dia mengatakan keduanya kemudian diamankan ke Polsek Menteng sekitar pukul 09.00 WIB.

"Yang jelas saya tuh kagak mau istilahnya orang sampai mati. Kasihan, masih punya perasaan. Kalau kita diemin, bisa misal motor dibakar atau apa," sambungnya.


detikcom lalu mendatangi Mapolsek Menteng. detikcom sempat melihat dua orang debt collector yang sempat diamankan tersebut.

Kedua debt collector tersebut diserahkan ke Polsek Setiabudi karena peristiwa awal kasus ini terjadi di wilayah Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Dibawa ke Polsek Setiabudi," kata seorang anggota Polsek Menteng.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com