detikNews
2019/11/09 06:51:15 WIB

Paloh Curhat Rangkulan Dicurigai, PDIP: Ciri Elite Politik Indonesia

Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 2
Paloh Curhat Rangkulan Dicurigai, PDIP: Ciri Elite Politik Indonesia Foto: Komarudin Watubun (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PDIP menanggapi santai curhatan Ketua Umum NasDem Surya Paloh soal 'rangkulan' saja dicurigai. PDIP menyebut curhatan Paloh sebagai ciri-ciri elite politik di Tanah Air.

"Iya saya pikir itu ciri-ciri elite politik Indonesia, sebentar berantem, sebentar berpelukan," kata Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komarudin Watubun, Jumat (8/11/2019).



Komarudin menilai curhatan Paloh sebagai bukti kedewasaan dalam berpolitik. Dia mengatakan, selama tak melanggar etika, curhatan apapun sah-sah saja dilontarkan.

"Dan saya kira itu sebuah tradisi yang baik, tradisi yang semakin mencerminkan kedewasaan berpolitik. Jadi sepanjang pantun-pantun, berbalas pantun itu tetap ada dalam koridor etika dan norma budaya kita yang menjadi tradisi kita, saya kira tidak masalah," jelasnya.

Menurut Komarudin, perubahan sikap elite politik Tanah Air merupakan hal biasa sekarang ini, seperti halnya Partai Gerindra yang merapat ke koalisi pemerintah. Dia menuturkan, soal perubahan sikap itu biar rakyat yang menilai.

"Seperti kemarin Pak Prabowo berhadap-hadapan dengan Pak Jokowi (di Pilpres 2019), sekarang berpeluk-pelukan. Nah rakyat kita juga kan informasi semakin terbuka, tingkat kecerdasan juga semakin tinggi, ya mereka masing-masing punya penilaian kan," ucap anggota Komisi II DPR RI itu.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com