detikNews
Jumat 08 November 2019, 19:52 WIB

Penyiram 6 Anjing Pakai Soda Api di Jakpus Jadi Tersangka

Jabbar Ramdhani - detikNews
Penyiram 6 Anjing Pakai Soda Api di Jakpus Jadi Tersangka Polisi menetapkan penyiram 6 anjing di Jakpus sebagai tersangka (Dok. Istimewa)
Jakarta - Seorang pria ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penyiraman enam ekor anjing di Jakarta Pusat. Pelaku bernama Aris Tangkelabi Pandin (57) menyiram enam anjing tersebut menggunakan soda api.

"Pelaku menyiram enam ekor anjing dengan menggunakan cairan soda api karena pelaku merasa tidak suka dengan anjing peliharaan milik pelapor," kata Wakapolres Jakpus AKBP Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Jumat (8/11/2019).

Pelapor dalam kasus ini adalah Jally Wenny Mongilala (54) yang masih merupakan ipar pelaku. Akibat perbuatan pelaku, lima ekor anak anjing milik pelapor mati.


"Akibat dari perbuatan pelaku, lima anak anjing mengalami luka bakar dan mati, sedangkan satu ekor anjing dewasa mengalami luka bakar dan saat ini masih dalam perawatan di Dokter Hewan CUCU di wilayah Sunter, Jakarta Utara," ujar Susatyo.

Peristiwa penyiraman ini terjadi pada Minggu (3/11) di Jl Kramat V, Senen, Jakpus. Akibat perbutannya, pelaku dijerat Pasal 302 KUHP atau Pasal 66A ayat 1 UU RI Nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Setelah diperiksa, Aris ditetapkan sebagai tersangka. "Tersangka tapi tidak ditahan," ujar dia.

Laporan ini dibuat Yayasan Natha Satwa Nusantara yang teregistrasi dengan nomor 2034/K/XI/2019/RESTRO JAKPUS. Polisi menyita satu gelas plastik warna biru yang digunakan untuk wadah cairan soda api.


Simak juga video "Kejam! 6 Anak Anjing Pitbull Disiram Cairan Kimia" :

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com