detikNews
Jumat 08 November 2019, 18:29 WIB

Trans Studio Cibubur Ajak Siswa Otak Atik Robot Masa Depan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Trans Studio Cibubur Ajak Siswa Otak Atik Robot Masa Depan Foto: Detikcom
Depok -

Taman wisata bermain atau theme park sejatinya tidak melulu menyajikan wahana yang memacu adrenalin atau tempat bersenang. Namun theme park bisa juga memberikan berbagai edukasi kepada pengunjung yang hadir, seperti yang dilakukan oleh Trans Studio Cibubur Theme Park.

Bertempat di Logoon Zone tepatnya Amphi Theater, Trans Studio Cibubur Theme Park menghadirkan Seminar Robotic 1.0 yang mengulas berbagai perkembangan terkini seputar dunia robotika yang berperan dalam mengubah kehidupan sehari-hari manusia.

"Kenapa kita menghadirkan ini, pertama, kita melihat robotic itu satu aktivitas yang kongkret di era sekarang yang bisa beradaptasi dengan wawasan anak-anak dengan baik. Karena dari terjemahan sistem sains dan teknologi ini anak-anak menyukainya serta bisa terinspirasi," ujar Chief Operating Official Trans Studio Theme Park Claudia Inkiriwang, dilokasi, Jum'at (8/11/2019).

Dalam acara yang mengajak serta siswa dan guru dari Jabodetabek ini, Claudia mengatakan kehidupan sekarang tidak terlepas dengan adanya robot. Bukan robot sungguhan seperti halnya di film-film. Melainkan sistem robotic yang mengatur aktivitas sehari-hari manusia dengan bantuan kecerdasan buatan.

"Nah, kemudian yang ketiga kita mau meng-inspire juga bahwa ternyata bikin robot itu nggak sesusah yang kita bayangin, dengan alat sederhana kita juga bisa bikin robot buatan yang bisa jadi teman bermain untuk semuanya," terangnya.

Oleh karena itu, dia mengatakan Trans Studio Cibubur Theme Park fokus memberikan edukasi dengan menghadirkan berbagai wahana seputar dunia masa depan yang bisa menambah pengetahuan pengunjung terutama di Science Center dengan ragam robot yang tersedia.

Salah satu peserta yaitu Guru SMP Taruna Bangsa Bogor Aris mengatakan seminar ini memberikan dampak yang baik terutama dalam membuka wawasan tenaga pelajar untuk terus berinovasi memberikan kreativitas kepada murid-murid nya di sekolah

"Pertama kita lihat, kita harus bisa ikutin zaman sekarang. Termasuk inovasi-inovasi, sejarahnya Epson mulai dari printer sampai sekarang pun bisa ikutin perkembangan zaman. Awalnya pakai isi ulang sekarang pakai robot. Jadi membuka wawasan kita untuk mengerti dan berinovasi lebih lagi," tuturnya.

Trans Studio Cibubur Ajak Siswa Otak Atik Robot Masa DepanFoto: Detikcom

Sementara itu, Nazhira Siswi SMP IT Al-Madinah Bogor mengungkapkan ketertarikannya untuk membuat robot setelah melihat keseruan wahana yang ada di Trans Studio Cibubur Theme Park. "Tertarik banget, jadi unik gitu. Jadi dengan gadget gawai kita bisa mengendalikan robot semudah itu. Bisa juga buat main, buat angkat-angkat sesuatu itu unik sih. Seru"

Sebagai informasi, terdapat perwakilan guru-guru dari 50 sekolah di Jakarta, Depok, dan Bogor yang hadir di acara seminar robotic hari ini. Tujuannya selain memberikan edukasi juga memberikan inspirasi terhadap para guru.

"Harapannya, semoga para guru ini mendapatkan experience hal baru dan baik yang bisa disampaikan ke murid-muridnya hingga menjadi kreatif," jelas Claudia.

Yuk, segera persiapkan dirimu untuk bermain dan seru-seruan di Trans Studio Cibubur. Dapatkan tiketnya secara online melalui mobile apps detikcom atau ke transstudiocibubur.com!


Simak juga video "Yuk Otak-atik Koleksi Robot di Trans Studio Cibubur Bareng Pakarnya!" :

[Gambas:Video 20detik]


(mul/mpr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com