detikNews
2019/11/08 16:07:57 WIB

Tim Advokasi Novel: Gugatan OC Kaligis Bentuk Corruptor Fight Back

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tim Advokasi Novel: Gugatan OC Kaligis Bentuk Corruptor Fight Back Penyidik KPK Novel Baswedan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terpidana suap OC Kaligis melayangkan gugatan perdata terkait kasus pencurian sarang burung walet yang sempat menyeret Novel Baswedan. Tim Advokasi Novel Baswedan menilai itu merupakan perlawanan balik koruptor atau corruptor fight back.

"Hal ini jelas perlawanan balik dari koruptor," kata salah satu tim Advoksi Novel Baswedan, Asfinawati kepada wartawan, Jumat (8/11/2019).

Asfinawati menduga dasar pengajuan gugatan OC Kaligis itu karena dia pernah dijerat KPK. Selain itu, ia menilai gugatan itu sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian publik terhadap kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel.

Tim Advokasi Novel: Gugatan OC Kaligis Bentuk Corruptor Fight BackAsfinawati (Foto: Ari Saputra/detikcom)




"Betul sekali. Mengurangi dukung publik dan mengalihkan isu (kasus penyiraman air keras Novel)," sebutnya.

Gugatan yang didaftarkan pada Rabu (6/11) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) itu dilayangkan terhadap Jaksa Agung dan Kejaksaan Negeri Bengkulu. Gugatan itu teregistrasi dengan nomor 958/Pdt.G/2019/PN JKT.SEL.

Dalam gugatannya, ia menyatakan Jaksa Agung dan Kejaksaan Negeri Bengkulu melakukan perbuatan melawan hukum karena para tergugat dinilai tidak melaksanakan isi putusan Praperadilan Pengadilan Negeri Bengkulu Nomor 2 Pid.Pra/2016/PN.Bgl, tertanggal 31 Maret 2016.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com