PKS Dukung Evaluasi Pilkada Langsung: Biaya Tinggi Bisa Diminimalisir

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 14:35 WIB
Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PKS mendukung pelaksanaan pilkada langsung karena memberi hak kepada rakyat untuk menentukan pilihannya. Pilkada langsung dinilai berdampak baik bagi kesejahteraan rakyat.

"Pilkada langsung memberi hak yang prinsip bagi rakyat untuk menentukan pilihannya. Dan karena dipilih rakyat, pilkada langsung kepala daerah punya posisi yang kuat karena sulit untuk dijatuhkan oleh DPRD. Dan ini memberi hak eksekutif yang kuat pada APBD. Jadi pilkada langsung baik bagi kesejahteraan rakyat," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (8/11/2019).


Namun Mardani mengakui jika pilkada langsung memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Menurutnya, ide mengganti pemilihan langsung bukan gagasan yang menghargai kedaulatan rakyat.

"Bahwa ada kekurangan kita perbaiki. Misal menurunkan ambang batas pendaftaran dari 20 persen ke angka 7 persen hingga akan ada kompetisi yang sehat dan berpeluang menghasilkan kepala daerah dengan merit system. Ide mengganti pemilihan langsung bukan gagasan yang menghargai kedaulatan rakyat," ujarnya.