detikNews
Jumat 08 November 2019, 12:22 WIB

Ma'ruf Amin: Reformasi Pendidikan Nasional demi Tingkatkan SDM Kompetitif

Farih Maulana Sidik - detikNews
Maruf Amin: Reformasi Pendidikan Nasional demi Tingkatkan SDM Kompetitif Foto: Istimewa
Jakarta - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menilai pentingnya pendidikan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sesuai visi-misi Indonesia Maju. Menurutnya, melalui reformasi pendidikan nasional akan menghasilkan perubahan fundamental melahirkan SDM Indonesia yang cerdas.

"Kuncinya adalah pendidikan formal maupun pendidikan vokasi, karena itu maka pemerintah akan melakukan reformasi pendidikan nasional kita supaya output-nya, tamatannya dapat memenuhi sesuai dengan tuntutan kerja di industri di lapangan," ujar Ma'ruf di The Opus Grand Ballroom The Tribrata Darmawangsa Jakarta, Jl Darmawangsa III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

Ma'ruf mengatakan tak hanya pendidikan formal yang akan direformasi pemerintah. Pendidikan vokasi juga akan direformasi total untuk melahirkan SDM yang tak hanya cerdas tapi produktif.


"Bangsa Indonesia yang produktif yaitu Indonesia yang dapat menghasilkan suatu yang besar. Upaya-upaya yang dilakukannya harus menghasilkan dampak yang besar lahirkan high impact, tidak low impact, bahkan tidak non-impact," katanya.

Menurutnya, produktivitas menjadi penting karena penilaian keberhasilan itu dilihat dari seberapa manfaat yang dihasilkan. Manusia produktif, kata dia, menjadi bagian penting daripada SDM yang kompetitif yang memiliki daya saing.

"Demikian juga SDM yang harus kita bangun adalah SDM yang berakhlak mulia, atau ber-akhlakulkarimah sehingga SDM kita, SDM yang memiliki sikap-sikap yang terpuji yang menjadi harapan seluruh bangsa Indonesia," katanya.



Simak video Anggaran Pendidikan Rp 508 T di 2020, Jokowi: Hati-hati Ini Duit Semua:

[Gambas:Video 20detik]


(fas/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com