Sempat Viral, 'KKN di Desa Penari' Didaftarkan Hak Eksklusif ke Kemenkum

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 11:32 WIB
Foto: Twitter @SimpleM81378523
Jakarta - Setelah sempat viral, logo 'KKN di Desa Penari' didaftarkan ke Kemenkum HAM untuk mendapatkan hak ekslusif dalam bentuk merek. 'KKN di Desa Penari' didaftarkan untuk kategori aplikasi smartphone hingga buku/ cetakan.

Berdasarkan berita Hak Merek yang dikutip dari website Kemenkum HAM, Jumat (8/11/2019), KKN di Desa Penari didaftarkan oleh warga Mojokerto, Jawa Timur, Fio Angga Fitrian. Fio mendaftarkan untuk kategori:

1. DID2019054803 yaitu aplikasi komputer untuk ponsel, tablet, dan perangkat serupa lainnya. Aplikasi program komputer untuk manajemen usaha peternakan. Aplikasi seluler yang dapat diunduh yang digunakan untuk pengiriman dan distribusi konten hiburan audio, video dan multimedia, termasuk teks, data, gambar, audio, video dan file audiovisual. Aplikasi telepon seluler (perangkat lunak). Aplikasi telepon yang dapat diunduh.

2. DID2019054804 yaitu untuk bahan cetakan, termasuk buku dan majalah, sarung buku harian. alat dan mesin penjilid buku, album stiker, bahan penjilid buku, bahan yang mengikat untuk buku dan kertas, bantalan tinta untuk segel, buku, buku anak-anak, buku fiksi, buku agama, buku akun, buku alamat, buku anak-anak memasukkan komponen audio, buku bayi dan sejenisnya.

3. JID2019054805 yaitu untuk administrasi hukum lisensi; eksploitasi hak properti industri dan hak cipta dengan lisensi; konsultasi yang berkaitan dengan lisensi hak cipta; konsultasi yang berkaitan dengan lisensi merek dagang; konsultasi yang berkaitan dengan lisensi paten; konsultasi yang berkaitan dengan lisensi perangkat lunak komputer; layanan agen lisensi hak cipta; layanan hukum yang berkaitan dengan lisensi hak cipta; layanan hukum yang berkaitan dengan manajemen, kontrol dan pemberian hak lisensi; layanan lisensi dan sejenisnya.

4. JID2019054807 yaitu untu hiburan online interaktif dalam bentuk situs web yang berisi presentasi fotografi, video, audio dan prosa yang tidak dapat diunduh, klip video dan materi multimedia lainnya yang berkaitan dengan film dan program televisi di bidang komedi, drama, aksi, variasi, petualangan, olahraga, musikal dan sebagainya.

Sebagaimana diketahui, cerita berjudul 'KKN di Desa Penari' viral diperbincangkan di social media. Cerita itu mengisahkan kejadian horor yang dialami beberapa orang remaja saat menjalani kuliah kerja nyata (KKN).

Cerita 'KKN di Desa Penari' pertama kali diceritakan oleh pemilik akun Twitter @SimpleM81378523. Ia menyatakan bahwa kejadian tersebut tak langsung dialami dirinya, melainkan seseorang bernama Widya.

Kisah 'KKN di Desa Penari' ditulis selama 11 hari, yakni sejak 24 Juni 2019 hingga 5 Juli 2019 untuk versi sudut pandang Widya. Sedangkan untuk sudut pandang Nur ditulis selama 5 hari, mulai 20 Juli hingga 25 Juli.


Simak Video "Film 'KKN di Desa Penari' Ditargetkan Tayang Maret 2020"

[Gambas:Video 20detik]

(asp/aan)