detikNews
2019/11/08 08:06:38 WIB

Cerita Warga Pulau Rajuni: Jangankan Dokter Spesialis, Dokter Umum pun Tak Ada

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Halaman 1 dari 3
Cerita Warga Pulau Rajuni: Jangankan Dokter Spesialis, Dokter Umum pun Tak Ada Foto: Pulau Rajuni (ist.)
Selayar - Mahkamah Agung (MA) mencoret kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebar para dokter spesialis hingga ke penjuru Nusantara. Padahal, dokter spesialis masih menjadi kebutuhan utama warga di pelesok Nusantara.

Seperti yang dialami warga di Pulau Rajuni Kecil, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Pulau ini berada di bagian selatan kaki Sulawesi. Untuk menuju ke sana, dari Makassar butuh perjalanan 2 hari yang ditempuh lewat perjalanan darat dan laut. Pulau ini masuk Kawasan Taman Nasional Takabonerate.

Di pulau ini, sinyal seluler untuk telepon, putus-putus. Adapun untuk paket internet tidak bisa. Listrik disuplai lewat solar sel. Apabila mendung menggelayut, listrik redup hingga padam. Satu-satunya alat transportasi adalah kapal tradisional milik warga. Di pulau ini sudah berdiri SD dan SMP.

Untuk melihat televisi, antena luar tidak bisa. Mereka mengakali menggunakan parabola. Jangankan koran, baca berita online saja tidak bisa.

Air minum tidak bisa diambil dari air tanah di pulau itu. Warga memilih membeli air galon ke Sinjai, Pulau Sulewesi, atau pulau terdekat, Pulau Jampea dengan jarak tempuk 4 jam.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com