Apa Saja Manfaat Surat Yasin untuk Umat Islam?

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 04:23 WIB
Manfaat surat yasin. Foto: iStock
Jakarta - Surat yasin ternyata memiliki manfaat dan bisa diamalkan. Terdiri dari 83 ayat, apa saja manfaat surat yasin dalam kehidupan sehari-hari?

Surat yasin merupakan surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada pertengahan periode Mekah. Surat Yasin juga paling banyak dibaca oleh umat Islam setelah surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.


Dikutip dalam buku berjudul 'Menerapkan Keajaiban Surat Yasin dalam Kehidupan Sehari-hari' oleh Ahmad Chodjin, ada sebuah kisah seorang ibu dirawat di salah satu rumah sakit di Malang. Beberapa hari kemudian ibu tersebut mengalami koma dan kritis sampai akhirnya pihak rumah sakit menyerahkan kepada anggota keluarga.

Anak-anaknya memilih untuk melakukan rawat inap ibu mereka yang koma di rumah. Setiap giliran anaknya bertugas menjaga sang ibu mereka membacakan surat yasin selama 24 jam ibu terjaga dengan surat yasin. Dan akhirnya ibu tersebut masih hidup sehat hingga lebih dari lima tahun.

Sedangkan dalam Islam.nu.or.id, sebuah hadits juga menyebutkan bahwa "Yasin lima quriat lahu", artinya surat Yasin dibaca sesuai niat si pembaca. Manfaat surat yasin tidak hanya bagi orang sakit tetapi juga saat kita mengharap rezeki Allah, meminta kesembuhan, menghadapi ujian dan juga mencari jodoh.

Yasin juga menjadi penghantar kepulangan seseorang ke hadirat Allah. Dalam hadist riwayat Nasa'i bersumber dari Ma'qal bin Yasar al-Muzan mengatakan, Rasulullah SAW pernah bersabda:



اقْرَؤُا يس عِنْدَ مَوْتَاكُمْ



Artinya: "Bacalah surat Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."


Hadits ini juga berlaku bagi yang masih hidup untuk membacakan Yasin untuk yang sudah meninggal. Persis seperti sabda Rasulullah: Laqqinu mautakum La ilaha illallah (Tuntunlah orang mati dengan kalimat La ilaha illallah). Dan termasuk dalam hadits ini adalah bacaan Yasin di atas makam (Demikian penjelasan dalam kitab Kasyifatus Syubhat, hlm. 263).


Dalam hadits Ma'qal bin Yasar tersebut juga disebutkan bahwa:



يس قَلْبُ القُرْآن لَا يَقْرَؤهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ الآخِرَةَ إلَّا غَفَرَ لَهُ اقْرَءُوْهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ


Surat Yasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat.

Bahkan diriwayatkan juga, jika seorang muslim dan muslimah dibacakan surat yasin saat mendekati ajal, maka akan diturunkan 10 malaikat berkat dari huruf-huruf yang dibaca. Para malaikat akan berdiri berbaris di samping yang sakit, membaca shalawat dan istigfar kepadanya dan ikut menyaksikan saat dimandikan dan mengantarkan ia ke makam. (Tafsir Yasin lil Hamamy, hlm. 2)



(lus/erd)