detikNews
Kamis 07 November 2019, 22:39 WIB

Kawasan Besakih Mulai Ditata 2020, Koster: Selama Ini Semrawut

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kawasan Besakih Mulai Ditata 2020, Koster: Selama Ini Semrawut Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Karangasem - Kawasan Pura Penataran Agung Besakih di Rendang, Karangasem, Bali, bakal mulai ditata pada 2020. Penataan ini meliputi lahan parkir hingga perbaikan bangunan pura.

"Kita selama ini kurang serius mengurus sehingga keberadaannya kurang agung karena sudah crowded, kemudian semrawut, kotor. Sangat mengganggu kesucian dan keagungan dari Besakih," kata Koster saat acara Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Infrastruktur Kawasan Suci Besakih, Karangasem, Bali, Kamis (7/11/2019).

Penataan kawasan Pura Besakih ini ditargetkan rampung dalam tiga tahun. Anggaran yang digunakan bersumber dari APBN ataupun APBD Bali.

"Tentu untuk melakukan visi nangun sat kerthi loka Bali saya merencanakan dan melaksanakan kepentingan Pura Besakih ini apakah bisa diterapkan 2020 sampai 2022 selama 3 tahun. Astungkara ini bisa sharing dari APBN dan APBD Provinsi Bali," ujarnya.

Tahap awal penataan kawasan Pura Besakih bakal dibangun fasilitas tempat parkir empat lantai. Tempat parkir ini bakal menampung hingga sekitar ribuan motor dan mobil serta ratusan bus.

"Parkirnya saja sekitar Rp 560 miliaran karena kapasitas besar, tapi kalau sampai persis di atasnya ya sekitar Rp 700-an (miliar) itu dari APBN," terangnya.


Kawasan Besakih Mulai Ditata 2020, Koster: Selama Ini SemrawutFoto: Aditya Mardiastuti/detikcom


Pihaknya juga bakal menata kawasan warung dan toko-toko milik warga menjadi lebih tertata rapi. Rencananya, akan ada sekitar 3 hektare lahan yang bakal dibebaskan pemprov.

"Ada tanah provinsi ada tanah adat, ada tanah pura itu nggak dibebaskan. (Luas) 4,1 ha di Bencingah, 5,2 ha di Manikmas, tapi 5,2 ha punya provinsi kan nggak perlu dibebasin, jadi ada 3 ha yang butuh dibebaskan," urainya.

"Estimasi proyek pembangunan Rp 1,6 triliun ini angka sementara. Termasuk pembangunan, ini bertahap selama 3 tahun," sambung Koster.

Dia berharap dengan penataan ini, umat Hindu yang beribadah bakal lebih nyaman. Diharapkan Pura Besakih makin memiliki daya tarik bagi umat Hindu dunia ataupun turis mancanegara.

"Oh iya ditata, otomatis semua akan ditata semua. Kalau Besakih sudah bagus, masyarakat dunia akan banyak ke sini dalam kondisi nyaman tertata baik semua. Mohon kiranya dapat dukungan kemudian proses ini bisa berlanjut seperti yang kita rencanakan," terangnya.
(ams/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com