Round-Up

Tutup Buku Program Jaksa Kawal Pembangunan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 22:06 WIB
Foto: Gedung MA (Ari Saputra)
Jakarta - Program jaksa Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4) akan tutup buku. Wacana pembubaran program jaksa kawal pembangunan disampaikan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Untuk diketahui, pembentukan TP4 sendiri berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 01 Oktober 2015. Selanjutnya, dikeluarkan pula Instruksi Jaksa Agung RI Nomor: INS-001/A/JA/10/2015 tentang Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Republik Indonesia. TP4 ini ada di daerah maupun pusat.


Salah satu fungsi dari program TP4 ini ialah mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya preventif dan persuasif.

Namun dalam perjalanannya, program ini menuai kritik. Salah satu momennya ketika Jaksa Eka Safitra selaku TP4D dari Kejati DI Yogyakarta terkena OTT KPK karena dugaan suap.

Kendati demikian, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut pihaknya akan mendukung agar program TP4 ini akan tetap diteruskan. Alasannya, masyarakat di sejumlah daerah telah menerima manfaat dari proyek itu.

"Program yang selama ini sudah berjalan harus kita teruskan, pertama TP4 itu, yang sudah diperoleh manfaatnya oleh pemerintah daerah, terbukti bahwa banyak proyek yang lancar, jalannya itu karena bantuan dari Kejaksaan pengawal Kejaksaan. Itu juga harus kita support itu," kata Alexander di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2