Round-Up

Jakarta, Kota Kebebasan Terakhir Tokoh Oposisi Kamboja

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 20:30 WIB
Foto: Tokoh oposisi Kamboja, Mu Sochua (Reuters)
Jakarta - Jakarta menjadi kota kebebasan terakhir tokoh oposisi Kamboja, Mu Sochua. Setelah meninggalkan Indonesia, dia lalu ditahan di Malaysia.

Mo Sochua adalah Wakil Presiden Partai Nasional Penyelamatan Kamboja (CNRP) yang merupakan oposisi dari pemerintahan Perdana Menteri Kamboja saat ini, Hun Sen. Pemerintah Kamboja telah membubarkan CNRP dan menyatakan parpol itu ilegal.

Sochua meninggalkan Kamboja sejak 2017 dan berniat kembali ke tanah airnya pada 9 November bersama Presiden CNRP, Sam Rainsy. Pekan lalu, Thailand menolak kedatangan Mu Sochua saat dia terbang ke bandara Bangkok.



Gelar Jumpa Pers di Jakarta

Sochua kemudian terbang ke Indonesia dan menggelar jumpa pers pada Rabu (6/11/2019). Dalam jumpa pers itu, Mu mengatakan bahwa dia dan Ketua CNRP, Sam Rainsy akan kembali ke tanah air mereka pada 9 November mendatang.

Dikutip dari Antara, di tengah jumpa pers, Duta Besar Kamboja untuk Indonesia Hor Nambora datang dang menginterupsi. Hor merasa keberatan dengan agenda konferensi pers tersebut.

"Orang yang Anda lihat di depan ini adalah seorang buronan bagi Kamboja, dia juga merupakan seorang kriminal," ucap Hor kepada wartawan sebelum konferensi pers itu dimulai.

Jakarta, Kota Kebebasan Terakhir Tokoh Oposisi KambojaFoto: Dubes Kamboja interupsi jumpa pers tokoh oposisi Kamboja di Jakarta (Antara Foto)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3