Heboh Warga Temukan Ikan Mati Berisi Kepingan Batu Hitam di Aceh

Heboh Warga Temukan Ikan Mati Berisi Kepingan Batu Hitam di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 14:06 WIB
Foto: Screenshot video temuan batu hitam di perut ikan
Foto: Screenshot video temuan batu hitam di perut ikan
Banda Aceh - Sebuah video memperlihatkan seekor ikan buntal mati yang kemudian dibelah dan ditemukan kepingan batu berwarna hitam dalam tubuhnya bikin heboh warga Aceh. Diduga, kepingan batu itu merupakan batu bara yang sempat tumpah di laut sekitar.

Dalam video tersebut, seorang warga tampak membelah bagian tubuh ikan buntal menggunakan pisau. Setelah selesai, dia memasukkan jarinya dan menemukan beberapa benda yang disebut sebagai batu bara.

"Ini batu bara ini. Yang ini lebih gede ukurannya. Jelas ya," kata pria dalam video.



Video itu disebut diambil di kawasan Pantai Lhoknga, Aceh Besar, Aceh. Sebelum perut dibelah, ikan buntal ini ditemukan mati di pinggir pantai.

Seorang warga Lhoknga, Aceh Besar, Muhammad Yulfan, mengaku sudah melihat video itu. Dia menduga batu bara dalam perut ikan yang ditemukan mati di Lhoknga itu muncul berasal dari tumpahan batu bara yang terjadi tahun lalu.

"Matinya ikan ini sudah menjadi indikator bahwa kerusakan ekosistem di laut Lhoknga yang disebabkan oleh tumpahan batu bara sudah parah," kata Yulfan, Rabu (7/11/2019).

Dia meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh serius menangani tumpahan batubara tersebut. Kerusakan lingkungan yang terjadi, menurutnya, harus segera diperbaiki.

"Ini kasus emergency harus ada penanganan khusus. Intinya harus membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang timbul," jelasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2