detikNews
2019/11/07 12:23:19 WIB

Temuan Ombudsman soal Listrik Padam Massal: Ada Gardu Tak Bersertifikat

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Temuan Ombudsman soal Listrik Padam Massal: Ada Gardu Tak Bersertifikat Foto: Konferensi pers Ombudsman (Azizah/detikcom)
Jakarta - Ombudsman merilis temuan maladministrasi dalam peristiwa pemadaman (blackout) listrik massal di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten beberapa waktu lalu. Temuan utama Ombudsman berkaitan dengan penyebab pemadaman tersebut.

"Ada dua temuan utama. Pertama memang pohon itu merupakan faktor penyebab utama. Kedua soal gardu, soal pengoperasian sistem proteksi relay dari listrik itu. Itu ternyata belum bersertifikat operasi, yang ada di Pemalang itu. Jadi itu menjadi salah satu faktornya dan teman-teman menemukan itu di lapangan," kata anggota Ombudsman Laode Ida di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2019).
Dia mengatakan ada satu gardu infrastruktur listrik yang tidak memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Ida mengatakan pihaknya memberi rekomendasi agar hal-hal yang terkait ketenagalistrikan tidak boleh beroperasi sebelum memiliki SLO.

"Jadi satu infrastruktur listrik, satu gardu yang tidak memiliki Sertifikat Laik Operasi justru dioperasikan. Masalahnya siapa yang memaksakan itu? Tentu kami sudah panggil juga pihak proyek SUTET itu. Kalau kita usut lebih jauh ya akan ditemukan hal-hal yang ganjil. Tapi kami tidak berbicara terlalu jauh," ujar Ida.

"Makanya kami rekomendasikan kami minta agar setiap peristiwa yang terkait dengan ketenagalistrikan tidak boleh beroperasi sebelum ada Sertifikat Laik Operasi," imbuhnya.

Menurut Ida, pihak PLN mengakui apa yang menjadi temuan Ombudsman tersebut dan langsung memperbaikinya. Gardu yang dimaksud pun baru diberikan SLO setelah peristiwa blackout yang terjadi pada 4 Agustus 2019 lalu.

"(Gardu) masih dipakai. Setelah 4 Agustus itu baru diberikan SLO. Tapi di lapangan juga SDM yang mengoperasikannya belum ada ahli teknologi dan juga orang-orangnya masih terbatas. Jadi hal-hal yang sifatnya teknis sebetulnya tidak perlu terjadi yang bisa mengakibatkan padamnya listrik," jelasnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com