KPK Jelaskan Kondisi Mata Novel Baswedan yang Dituding Rekayasa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 11:40 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Namun pertumbuhan selaput mata kiri Novel mengalami gangguan sehingga Novel diharuskan mengikuti prosedur operasi Osteo-odonto-keratoprosthesis (OOKP). Namun pada mata kiri yang dioperasi itu terjadi pendarahan di balik lensa mata sejak 4 bulan yang lalu. Hal ini mengakibatkan pandangan menjadi gelap dan tidak bisa melihat sama sekali.

"Bila kondisi baik, mata kiri menjadi tumpuan penglihatan karena dapat digunakan untuk membaca dengan bantuan lensa kacamata (plus) 4, namun dengan sudut pandang penglihatan yang sempit," ucapnya.




"Selain itu, saat ini kondisi mata sebelah kanan Novel pun tidak bisa melihat jelas dan tetap menggunakan hard lens utk membantu melihat dgn lebih baik," imbuhnya.

KPK turut menyinggung soal keterangan tim gabungan kasus Novel yang menyebutkan zat kimia yang digunakan untuk menyiram wajah Novel adalah asam sulfat atau H2S04. Zat itu disebut tidak pekat sehingga tidak mengakibatkan luka berat permanen pada wajah Novel.

"Hingga saat ini, Novel masih terus menerus melakukan pengobatan untuk penyembuhan mata kiri baik di Jakarta maupun Singapura," ucapnya.

Halaman

(dhn/fjp)