detikNews
Kamis 07 November 2019, 11:20 WIB

Jalan Nasional Amblas 5 Meter, Truk di Riau Tertimbun

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jalan Nasional Amblas 5 Meter, Truk di Riau Tertimbun Foto: Chaidir/detikcom
Pekanbaru - Jalan nasional di Kabupaten Siak, Riau, amblas dengan kedalaman 5 meter. Truk yang lagi melintas tertimbun tanah.

"Jalan yang amblas ini merupakan jalan nasional menuju kawasan industri Buton di Siak. Jalan beraspal itu amblas sepanjang 100 meter," kata Kepala Dinas PU Siak, Irving Kahar Arifin Simbolon, kepada detikcom, Kamis (7/11/2019).

Irving menjelaskan lokasi badan jalan yang amblas itu berada di KM 154 GS di Kecamatan Pusako, Siak. Ketika truk sarat cangkang kelapa sawit beban 50 ton melintas tiba-tiba badan jalan amblas diiringi masuknya air ke badan jalan.


Kondisi badan jalan yang amblas itu, kata Irving, menarik tanah di sisi badan jalan yang akhirnya menutup badan jalan. Truk yang melintas tadi terjebak di tengah dan akhirnya ikut teruruk.

"Untuk saat ini truk yang tertimbun belum bisa dievakuasi. Namun tidak ada korban jiwa, sopir berhasil menyelamatkan diri," kata Irving.

Kondisi badan jalan nasional yang amblas ini, kata Irving, dulunya merupakan alur sungai kecil menuju ke kawasan Danau Naga Sakti. Jalan tersebut sudah lama ada.

"Dulunya aliran sungai dibuatkan gorong-gorong ke sisi yang lain, lantas dilakukan penimbunan untuk badan jalan. Jalan itu sudah ada lama," kata Irving.

Kawasan jalan tersebut, lanjut Irving, merupakan gambut dengan kedalaman lebih di atas 10 meter. Sebelum kejadian ini, kondisi badan jalan amblas sebelumnya sudah pernah terjadi. Hanya saja saat itu pihak rekanan telah memperbaikinya.


"Ini sudah kejadian kedua kalinya. Hanya saja kali ini amblasnya mencapai 5 meter. Diperkirakan jalan akan terus menurun, karena air terus mengalir di lokasi," kata Irving.

Untuk sementara waktu, katanya, arus lalu lintas kini dialihkan ke jalan alternatif ke Kecamatan Sungai Apit.

"Tapi untuk jenis mobil besar, mobil angkutan cangkang, atau angkutan sawit tidak kami benarkan lewat jalan alternatif itu karena jalan alternatif ini jalan kabupaten hanya kemampuan dilintasi 8 ton," tutup Irving.



Tonton juga video Jalan Ambles 1 Meter, Akses Pekalongan-Banjarnegara Terputus:

[Gambas:Video 20detik]




(cha/aan)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com