KPK Panggil Pejabat Kemendag-KKP Jadi Saksi Suap Kuota Impor Ikan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 10:58 WIB
Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Dok. detikcom)
Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Dok. detikcom)
Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait kasus dugaan suap kuota impor ikan di Perum Perindo. Dua pejabat ini dipanggil sebagai saksi.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka MMU (Mujib Mustofa)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (7/11/2019).

Kedua saksi itu ialah Plt Direktur Logistik PDSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Prayudi Budi Utomo serta Kasubdit Barang Konsumsi Direktorat Impor Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Karsan.


Dalam kasus ini, KPK menetapkan Mujib Mustofa bersama eks Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda sebagai tersangka. Mujib disebut sebagai Direktur PT Navy Arsa Sejahtera (NAS) yang mendapatkan kuota impor ikan dari Perum Perindo.

Risyanto diduga menerima suap USD 30 ribu dari Mujib. Uang suap diberikan agar Mujid mendapat jatah kuota impor.

"Setelah 250 ton ikan berhasil diimpor oleh PT NAS, kemudian ikan-ikan tersebut berada di karantina dan disimpan di cold storage milik Perum Perindo. Berdasarkan keterangan MMU, hal ini dilakukan untuk mengelabui otoritas yang berwenang agar seolah-olah yang melakukan impor adalah Perum Perindo," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Selasa (24/9).




Tonton juga video 2 Tugas Prioritas dari Jokowi untuk Menteri KKP Edhy Prabowo:

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/dhn)