detikNews
2019/11/06 22:04:55 WIB

Round-Up

Bahaya Nyalakan Api dalam Septic Tank

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Bahaya Nyalakan Api dalam Septic Tank Foto: Ilustrasi septic tank (Pixinoo/iStockphoto)
Jakarta - Ledakan septic tank di Cakung, Jakarta Timur yang menelan korban berawal dari aksi petugas tinja yang membakar koran. Aksinya itu adalah untuk memastikan proses sudah selesai. Padahal, cara itu sangat berbahaya.

Peristiwa septic tank meledak itu terjadi di rumah Agus di RT 16/03 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Senin (4/11). Saat itu pemilik rumah memanggil korban untuk menyedot WC di rumahnya. Setelah penyedotan selesai, korban mengambil koran lalu membakarnya untuk meyakinkan bahwa proses telah selesai. Koran yang dibakar saat itu padam dan pemilik rumah pun yakin proses telah selesai.


Tidak lama setelah itu, korban mengambil uang dan hendak pamit pulang ke pemilik rumah. Namun tak diduga, tiba-tiba, septic tank meledak dan mengeluarkan suara cukup besar. Akibat kejadian itu, korban pun terjatuh ke dalam septic tank. Korban pun dinyatakan meninggal dunia.

Ada penjelasan ilmiah di balik peristiwa itu hingga bahaya dari aksi menyalakan api dalam septic tank. Berikut rangkumannya:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com