Nadiem soal Sosok Wamendikbud: Itu Hak Prerogatif Presiden

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 18:02 WIB
Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Perpres 72/2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang di dalamnya menyebut Mendikbud dapat jatah Wakil Menteri (Wamen). Mendikbud Nadiem Makarim tak banyak bicara soal sosok Wamen yang cocok mendampinginya.

Nadiem hanya mengatakan pemilihan Wamendikbud merupakan hak prerogatif Presiden. Dia enggan berkomentar lebih lanjut soal belum adanya Wamen meski sudah ada perpres tersebut.

"Itu hak prerogatif Presiden," kata Nadiem seusai rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Jokowi sendiri belum memutuskan siapa yang akan menjadi Wamendikbud. Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jokowi akan berbicara lebih dulu dengan Nadiem.

"Jadi sampai sekarang ini presiden belum memutuskan. Nanti pasti akan bicara dengan Mendikbud," sebut Pratikno di gedung Krida Bhakti, Jl Veteran III, Jakarta Pusat, Senin (4/11).


Pratikno menyebut Jokowi akan menunjuk Wamendikbud jika diperlukan. Menurut Pratikno, pos yang sudah diatur tidak berarti harus selalu diisi.

"Belum ada. Kalau ada pos posisi kan iya, tapi kan tidak berarti harus selalu diisi. Tapi kalau dibutuhkan, tentu saja akan diisi," jelasnya.



Simak juga video "Ditinggal Nadiem, Gojek Tentukan Nasibnya ke Depan" :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/haf)