Eks Teroris: Aceh Daerah yang Dilirik Kelompok Radikal di Indonesia

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 16:08 WIB
Eks Teroris Aceh Yudi Zulfahri (Agus Setyadi/detikcom)


Seperti diketahui, tim Densus 88 pernah menangkap sejumlah terduga teroris di sejumlah lokasi di Indonesia. Penangkapan itu disebut berkaitan dengan kelompok Abu Hamzah.

"Densus 88 telah melakukan kegiatan preventive strike, bermula dari upaya ketika pada tanggal 13 Desember 2018, yang lalu melakukan penindakan di daerah Gunung Salak, Aceh. Terhadap sebuah kelompok dipimpin seseorang bernama Abu Hamzah yang melakukan latihan militer di gunung tersebut," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra, Rabu (12/6).


Asep melanjutkan, Abu Hamzah yang dimaksud berbeda dengan Abu Hamzah, pimpinan JAD yang telah ditangkap di Sibolga, Sumatera Utara, sebelumnya.

"Ketika terjadi penangkapan di situ (Gunung Salak, Aceh), tidak semuanya tertangkap para pelaku ini, ada yang melarikan diri ke beberapa daerah. Ada yang ke Bekasi dan Kalimantan Tengah. Saat inilah, dari 10 sampai 11 Juni, melakukan upaya penangkapan terhadap DPO itu, dan kegiatan itu menghasilkan ada 6 orang teroris yang kita tangkap," terang Asep.
Halaman

(agse/idn)