ADVERTISEMENT

Raker Bareng DPR, Nadiem Ungkap Alasan Jokowi Memilihnya Jadi Mendikbud

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 15:55 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Nadiem Makarim mengaku kerap memberikan masukan tentang masa depan dan teknologi ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum ditunjuk sebagai Mendikbud. Nadiem menyakini masukan-masukan yang diberikan itu menjadi pertimbangan Jokowi menunjuknya sebagai menteri.

"Saya selama bertemu dengan beliau (Jokowi) hampir setahun sebelum pelantikan ini selalu memberikan input-input memberikan masukan dalam posisi masa depan akan seperti apa. Perubahan teknologi akan seperti apa, dan dari sisi kebijakan maupun strategi pemerintahan bagaimana menghadapi revolusi 4.0," kata Nadiem dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Nadiem menyebutkan apa pun topik yang diskusikan dengan Jokowi, akarnya pasti terkait dengan kualitas sumber daya manusia (SDM). Nadiem menilai SDM merupakan komponen utama dalam sebuah inovasi.

"Semua diskusi kami selalu ujung-ujungnya berakar dari SDM yang unggul," ungkap Nadiem.

"Di seluruh sektor teknologi di Indonesia yang luar biasa perkembangannya seluruh sektor, mobile apps dan lain-lain. Itu sebenarnya bukan teknologi, tapi SDM yang mendukung inovasi itu. Manusianya yang bikin perusahaan-perusahaan ini bisa jadi besar dan berkembang, dan inovasi itu semua manusianya," imbuhnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT