detikNews
2019/11/06 12:23:25 WIB

Gas Metana dalam Septic Tank: Mudah Meledak Hingga Jadi Sumber Listrik

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gas Metana dalam Septic Tank: Mudah Meledak Hingga Jadi Sumber Listrik Foto: Ilustrasi septic tank (iStockphoto)
Jakarta - Sebuah septic tank di rumah warga di Cakung, Jakarta Timur, meledak dan menewaskan satu orang. Penyebabnya diduga karena tumpukan gas metana berpuluh-puluh tahun. Gas metana diketahui memilki sifat mudah meledak hingga bisa jadi sumber energi listrik.

Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani menjelaskan, gas metana bisa muncul di septic tank dari aktivitas alami mikroba yang disebut proses anaerobik. Selama proses tersebut, mikroba menguraikan tinja hingga menghasilkan gas metana. Gas metana diketahui memiliki sifat mudah terbakar.

"Selama proses itu, mikroba itu akan mengonsumsi tinjanya, menguraikannya dan menghasilkan biogas. Biogasnya terdiri dari banyak gas, terutama adalah gas metana. Gas metana itu gas yang mudah meledak atau terbakar," ujar Neni saat dihubungi detikcom, Rabu (6/11/2019).


Karena memiliki sifat yang mudah terbakar ini, lanjut Neni, gas metana kerap dimanfaatkan sebagai sumber energi. Salah satunya ialah sumber energi listrik.

"Dan itu biasanya jadi sumber energi kalau kita bisa memanfaatkannya, seperti misalnya untuk listrik. Itulah yang terjadi di dalam septic tank secara umum," jelas Neni.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com