detikNews
Rabu 06 November 2019, 12:19 WIB

Jokowi: Ada Barang Impor Masuk e-Katalog, Tapi Dicap Barang Lokal

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Ada Barang Impor Masuk e-Katalog, Tapi Dicap Barang Lokal Foto: Jokowi di Rakornas LKPP (Andhika/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong diberikannya insentif bagi pelaku UKM yang produknya masuk e-katalog LKPP. Sebab masih ada barang impor, tetapi mendapat cap buatan lokal.

"Jangan sampai, hati-hati, ini ada barangnya kelihatannya pemasoknya lokal, tapi barangnya impor di... (sambil mengetuk lidah ke langit-langit mulut)... hanya dicap saja. Ada. Jangan bilang nggak ada," ujar Jokowi saat membuka Rakornas LKPP di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).


Jokowi mengaku memiliki bukti. Jokowi tidak ingin pelaku usaha UKM kalah bersaing karena persoalan manipulasi cap barang.

"Saya tunjukkan kalau ada yang bilang nggak ada. Enak banget hanya ngecap untungnya gede, tapi produk dalam negeri nggak bisa masuk ke e-katalog karena kalah bersaing," ujar Jokowi.

Jokowi meminta Kepala LKPP Roni Dwi Susanto memprioritaskan produk lokal masuk e-katalog. Jokowi menyinggung masih banyaknya barang impor yang masuk.


"Saya minta Kepala LKPP memprioritaskan produk komponen lokal sangat tinggi agar didahulukan, persulit barang impar impor, senengnnya impar impor kita. Ini duit APBN, APBD, harga murah bukan patokan utama kalau murah tapi impor saya lebih seneng barang lokal walau harga sedikit lebih mahal," ujarnya.

Jokowi mencontohkan produk pengki buatan lokal. Jokowi mempersilakan produk ini masuk e-katalog sembari proses standardisasi oleh BSN.

"Fasilitasi barang-barang yang produk dalam negeri betul-betul secepatnya bisa masuk e-katalog. Usaha kecil menengah segera masuk e-katalog. Tadi saya bisa kok yang nggak standar masuk e-katalog, kayak cikrak. Bagus. Jangan hanya cikrak, barang lain yang dibutuhkan masukan," katanya.



Herannya Jokowi, Cangkul Saja Masih Impor:

[Gambas:Video 20detik]




(dkp/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com