ADVERTISEMENT

Penjelasan Ilmiah di Balik Peristiwa Septic Tank Meledak di Cakung

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 11:50 WIB
Foto: Ilustrasi septic tank (Pixinoo/iStockphoto)
Jakarta - Sebuah septic tank di rumah warga di Cakung, Jakarta Timur, meledak dan menewaskan satu orang. Septic tank ini diduga meledak karena tumpukan gas metana. Begini penjelasan ilmiah soal penyebab ledakan septic tank itu.

Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani mulanya menjelaskan proses pembentukan gas metana yang disebut dengan proses anaerobik. Proses ini alami terjadi karena aktivitas mikroba bakteri yang ada dalam septic tank.

"Dalam di septic tank itu terjadi proses alami yang disebut proses anaerobik. Proses anaerobik ialah proses yang menggunakan mikroba alami, yang biasanya sudah ada di dalam situ (septic tank). Proses itu nggak boleh ada oksigennya karena bakteri itu bisa hidup tanpa oksigen, makanya kenapa septic tank itu harus ada di kedalaman tertentu, kedap udara dan ada pipa saluran gasnya," kata Neni saat dihubungi detikcom, Rabu (6/11/2019).


Selama proses tersebut, lanjut Neni, mikroba melakukan proses penguraian tinja hingga menghasilkan biogas. Salah satu biogas yang dihasilkan ialah gas metana (CH4). Gas ini memiliki sifat yang mudah terbakar.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT