PDIP Kritik Anies soal JPO Sudirman: Idealnya Harus Beratap

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 08:57 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - PDIP mengkritik kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang membuka atap jembatan penyebrangan orang (JPO) di Sudirman, Jakarta. PDIP menilai JPO tak beratap itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga yang melintas.

"Jakarta kan iklim tropis, panas juga sangat menyengat, hujan juga sangat mengkhawatirkan. Jadi kita harus memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna JPO, sehingga idealnya JPO harus beratap lah, prinsipnya itu," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Selasa (5/11/2019) malam.



Gembong juga menilai alasan Pemprov membuka atap agar dapat melihat pemandangan Jakarta itu masih kurang kuat. Menurut Gembong, jika JPO diberi atap transparan, pemandangan Jakarta masih bisa terlihat.

"Kalau itu yang menjadi alasan, harusnya pakai yang transparan, kan bisa yang transparan. Seenggaknya dengan transparan orang masih bisa melihat view Jakarta gitu boleh, tetapi untuk menghalangi teriknya matahari dan hujan, saya kira harus beratap lah," katanya.

Selain itu, Gembong juga menyarankan agar Pemprov menempatkan Satpol PP di setiap JPO agar meningkatkan rasa aman bagi warga yang melintas.

"Supaya terlihat dan kelihatan aman, ya tempatkanlah Satpol PP yang tersebar di JPO, kan banyak Satpol PP yang disebar di JPO, itu secara psikologis akan berikan kenyamanan bagi pengguna. Jadi orang yang lewat merasa nyaman dulu, saya kira penting pemprov beri rasa aman dan nyaman untuk warga Jakarta," katanya.




Waduh! Ujung JPO Ini Malah di Jalan Raya:

[Gambas:Video 20detik]


(zap/azr)