detikNews
2019/11/05 19:32:52 WIB

Tak Ajukan Kasasi, Ratna Sarumpaet Desak Jaksa Eksekusi Dirinya

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tak Ajukan Kasasi, Ratna Sarumpaet Desak Jaksa Eksekusi Dirinya Ratna Sarumpaet (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Ratna Sarumpaet dan pihak jaksa tidak mengajukan kasasi terkait vonis 2 tahun di kasus hoax penganiayaan. Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, mendesak jaksa melakukan eksekusi.

Insank mengatakan, pada 20 Agustus lalu, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta sudah memberikan salinan putusan terkait vonis banding yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Insank juga sudah mendapatkan surat keterangan yang menyatakan kasus tersebut sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah, tetapi hingga kini jaksa belum melakukan eksekusi.

"Akhirnya pada tanggal 18 Oktober kami memperoleh surat keterangan yang menegaskan bahwa perkara ini sudah inkrah. Sejak tanggal 18 sampai sekarang belum dilakukan eksekusi," kata Insank kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).



Insank mengaku telah menghubungi jaksa untuk mempertanyakan kapan eksekusi terhadap kliennya. Namun, ia menyebut jaksa belum dapat memastikannya.

"Kemudian di tanggal 30 Oktober kami berinisiatif mengajukan permohonan pelaksanaan putusan pengadilan yang intinya agar dilakukan eksekusi kepada Kepala Kejari Jaksel. Namun sampai saat ini belum ada tindakan eksekusi itu. Kami sudah beberapa kali berkoordinasi ke jaksa tapi tidak diberikan kepastiannya kapan," kata Insank.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com