Gelar Munas Tahun 2020, MUI Akan Pilih Ketum Baru

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 15:03 WIB
Foto: Zainut Tauhid (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar musyawarah nasional (munas) pada pertengahan tahun 2020 nanti. Pada pelaksanaan munas tersebut, MUI akan memilih ketua umum (ketum) baru menggantikan Ma'ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden RI.

"Ya, untuk munas yang tadi diagendakan tahun 2020 akan dilakukan pergantian kepengurusan, akan dipilih ketum baru. Jangan ditanya siapa, karena belum ada orangnya," ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid, di kantor MUI, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).



Zainut mengatakan pelaksanaan munas itu direncanakan akan pada Bulan Agustus 2020. Namun, kata dia, pelaksanaan itu masih dalam pembahasan pimpinan.

"Munas kami belum menentukan waktunya, tapi yang pasti tahun 2020. Kalau sesuai jadwal itu Bulan Agustus, apakah nanti maju atau mundur kami akan membicarakan kembali di rapat pimpinan," kata Zainut yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agama.

Gelar Munas Tahun 2020, MUI Akan Pilih Ketum BaruFoto: Wapres Ma'ruf Amin (Dok. Setwapres)


Zainut menyebut bahwa Ma'ruf Amin sudah menyatakan diri non aktif di kepengurusan MUI kali ini. Hal itu, disampaikan Ma'ruf kepada MUI semenjak dirinya dilantik menjadi Wapres.

"Ya beliau sejak dilantik, beliau menyatakan non aktif, sehingga tugas-tugas organisasi ditangani oleh waketum secara kolektif kolegial," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2