Viral Kisah #LayanganPutus, Polda Metro Belum Terima Laporan

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 14:29 WIB
Foto: Ilustrasi (iStock)
Jakarta - Belakangan ini linimasa tengah dihebohkan dengan #LayanganPutus yang menceritakan kisah sedih seorang wanita yang harus bercerai karena suaminya menikah lagi dengan wanita pelakor (perebut lelaki orang). Seiring viralnya kisah itu, seseorang perempuan yang dikait-kaitkan dengan sosok pelakor dalam cerita itu, muncul dan mengaku tengah bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk memfilter akun-akun yang memfitnahnya.

"Bismillah, mulai hari ini tim Cyber Crime Polda Metro Jaya akan membantu saya memfilter akun2 yang indikasi nya bisa masuk kepada pasal UU ITE, tim akan di bagi rata untuk memantau aktifitas (berita yang sedang viral) di jejaring sosial FB, Twitter dan IG," tulis akun @Loladiara yang viral seperti dilihat detikcom, Selasa (5/11/2019).

Namun hal itu dibantah oleh Kabid Humas polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. Argo mengatakan pihaknya belum menerima laporan terkait cerita viral itu.

"Polda Metro belum menerima laporan tersebut, di SPKT tidak ada laporan soal itu," kata Kombes Argo kepada detikcom, Selasa (5/11/2019).

Kisah viral itu bermula dari adanya tulisan 'Layangan Putus' yang ditulis di mesia sosial. Kisah itu--yang disebut-sebut kisah nyata--menceritakan tentang seorang wanita yang menyebut dirinya dengan inisial Mommi ASF dengan 4 orang anak yang ditinggalkan suaminya tiba-tiba tanpa kabar. Suaminya pergi selama 12 hari tanpa kabar.

Sejumlah pesan dikirim Mommi ASF tak kunjung dibalas. Setelah 12 hari kemudian, sang suami baru membalas pesannya dan mengatakan akan pulang.



Setelah kepulangan sang suami, Mommy ASF barulah mengetahui ternyata suaminya diam-diam pergi ke Turki untuk berbulan madu dengan istri barunya. Singkat cerita, akhirnya wanita yang menyebut dirinya dengan inisial Mommy ASF itu memutuskan untuk bercerai dari suaminya yang telah dinikahinya selama 8 tahun.

Nah, nama Lola Diara ini muncul setelah sejumlah netizen menelusuri sosok wanita istri baru tersebut. Netizen mengaitkannya dengan Lola Diara dari petunjuk yang ditulis Mommi ASF soal wanita muda, cantik seorang selebram terkenal.

Nama Lola Diara itu kian terkuak setelah netizen mengetahui sosok pria dalam kisah itu yakni pemilik sebuah channel dakwah berinisial RZ. Cerita ini pun viral di sejumlah akun gosip hingga kemudian Lola bereaksi dengan cuitan seakan dirinya telah melaporkan akun-akun terkait cerita 'layangan putus' itu.

Kisah ini semakin viral setelah netizen membuat tagar #LayanganPutus di media sosial. Hingga pukul 14.54 WIB sudah ada 1.606 cuitan soal #LayanganPutus.




(mei/fjp)