Ajak Anak SD-SMP Ziarah di TMP Kalibata, Kemensos: Agar Paham Jasa Pahlawan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 11:38 WIB
Kemensos mengajak anak SD-SMP berziarah ke TMP Kalibata. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) mengadakan kegiatan ziarah wisata ke makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel) bersama 650 siswa SD dan SMP. Kegiatan ini dilakukan agar generasi muda mengenal dan menjiwai jasa-jasa para pahlawan, dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November.

"Harapan kita adalah anak-anak bisa pertama mengenal dulu, mengenal pahlawan. Dengan mengenal pahlawan mereka akan merasa bahwa kemerdekaan yang kita peroleh, kita nikmati ini adalah kerja keras pahlawan. Setelah itu, mereka bisa meneladani dan melanjutkan," kata Dirjen Pemberdayaan Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin di gedung Konvensi TMPN Utama Kalibata, Pancoran, Jaksel, Selasa (5/11/2019).


Pepen mengatakan bahwa setiap siswa dapat menjadi pahlawan masa kini dengan melakukan tugas dan kewajibannya sebagai anak.Pepen berharap tiap siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

"Adik-adik semua bisa menjadi pahlawan masa kini. Bentuknya banyak, bisa menjadi pahlawan masa kini bentuknya keluarga, membantu ibu-bapak, belajar rajin, ingat kewajiban. Setelah berkunjung ke TMP maka kita kita bawa semangat pahlawan masa kini di hati kita masing-masing, kemudian kita implementasikan di rumah, sekolah, maupun di lingkungan sosial ya" ujar Pepen.


Pepen menambahkan, pihaknya juga akan mengadakan acara lain menjelang Hari Pahlawan 2019 selain wisata ziarah. Untuk diketahui, kegiatan wisata ziarah TMP ke ini diikuti sekitar 650 pelajar SD dan SMP.

"Jadi acara ziarah wisata ini merupakan rangkaian hari, kegiatan Hari Pahlawan 2019, Banyak kegiatannya ada ziarah wisata dan sapa sejarah. Ada jelajah kapal kepahlawanan, kemudian nanti upacara ziarah nasional yang dihadiri Bapak Presiden, insyaallah. Kemudian ada penganugerahan gelar pahlawan nasional, semua itu dalam rangka rangkaian hari pahlawan," jelas Pepen.

(aud/aan)