Polisi: Septic Tank Meledak di Cakung Akibat Endapan Gas Puluhan Tahun

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 11:30 WIB
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Sebuah septic tank di rumah warga di Cakung, Jakarta Timur, meledak dan menewaskan satu orang. Polisi menyatakan ledakan tersebut terjadi akibat gas yang mengendap selama puluhan tahun.

"(Penyebab ledakan akibat) gas yang terendap puluhan tahun dalam septic tank kena api," ujar Kanit Reskrim Polsek Cakung AKP Tomi Sirait dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

Selain korban, di dalam rumah tersebut saat itu ada kernet mobil sedot WC dan pemilik rumah.

"Keduanya baik-baik semua," imbuhnya.

Ledakan terjadi saat korban menyedot WC di rumah warga di RT 16 RW 03, Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Senin (4/11) kemarin. Korban saat itu bersama kernetnya.

"Kecelakaan kerja itu sebenarnya, pelakunya dia, korbannya dia (juga)," ujar Tomi.

Setelah penyedotan selesai, korban mengambil koran lalu membakarnya untuk meyakinkan bahwa proses telah selesai. Koran yang dibakar saat itu padam dan pemilik rumah pun yakin proses telah selesai.

Tidak lama setelah itu, korban mengambil uang dan hendak pamit pulang ke pemilik rumah. Namun tiba-tiba septic tank meledak dan mengeluarkan suara cukup besar.

Akibat kejadian itu, korban pun terjatuh ke dalam septic tank. Korban pun dinyatakan meninggal dunia.

"Meninggal dunia dengan kondisi luka biasa, nggak terbakar," tandas Romi.

Korban kemudian dibawa ke rumah sakit. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan masih menyelidikinya. (mea/mea)