detikNews
Selasa 05 November 2019, 12:03 WIB

Kisruh Parkir di Bekasi, PPPI Sebut Ormas Perlu Ikuti Standar Layanan

Moch Prima Fauzi - detikNews
Kisruh Parkir di Bekasi, PPPI Sebut Ormas Perlu Ikuti Standar Layanan Foto: Dok. PPPI
Jakarta - Penarikan retribusi parkir di minimarket Kota Bekasi oleh ormas sebaiknya dilandasi kerja sama. Ini berkaca dari viralnya video kisruh salah satu ormas yang memaksa retribusi parkir.

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Pengelola Perparkiran Indonesia (PPPI) Anggawira mengatakan pengelolaan perparkiran ini memang harus bisa di kelola dengan baik dan harus ada standarnya.

"Pemerintah daerah pasti punya kebijakan untuk meningkatkan pendapatan daerahnya salah satunya retribusi parkir ini, tapi perlu juga diperhatikan pengelolaan parkirnya harus profesional dan dalam pemberdayaan Ormas ini harus betul-betul di perhatikan pengelolaannya," kata Anggawira dalam keterangan tertulis, Selasa (5/11/2019).


Anggawira juga menambahkan, sebelum melaksanakan peraturan, harus dikaji dan disosialisasi oleh pihak yang terkait dan juga masyarakat.

"Memang harus adanya kita saling kolaborasi untuk bisa mencapai pengelolaan perparkiran yang baik dari semua pihak dan terpenting juga pemilik tempat minimarket harus juga bisa support untuk peraturan yang akan diterapkan jangan sampai hal ini malah menjadikan masyarakat khawatir untuk berbelanja di minimarket," kata Anggawira.

Kisruh Parkir di Bekasi, PPPI Sebut Ormas Perlu Ikuti Standar LayananFoto: Dok. PPPI

Ia mengungkapkan, PPPI menyadari perlunya ada pemberdayaan untuk ormas tetapi harus juga diterapkan standar dalam pengelolaan perparkiran. Misalnya dengan menjadikan ormas sebagai mitra dengan standar pengelolaan perparkiran yang profesional.


"PPPI mendukung sekali jika setiap daerah juga bisa menghadirkan standar yang jelas untuk pengelolaan perparkiran, agar pengelolaan perparkiran di Indonesia akan hadir jauh lebih baik," tutup Anggawira.




Polda Metro Jaya Turun Tangan Atasi Heboh Jatah Parkir di Bekasi:

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com