Bertemu PM Australia di Bangkok, Jokowi Cerita Hasil Kunker ke Papua

Bertemu PM Australia di Bangkok, Jokowi Cerita Hasil Kunker ke Papua

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 19:42 WIB
Presiden Jokowi bertemu PM Australia Scott Morrison di Bangkok, Thailand. (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi bertemu PM Australia Scott Morrison di Bangkok, Thailand. (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua jadi salah satu topik pembicaraan saat bertemu PM Australia Scott Morrison. Jokowi mengatakan perekonomian di Papua dan Papua Barat kembali normal pasca-kerusuhan.

"Papua adalah provinsi pertama yang saya kunjungi setelah saya dilantik. Alhamdulillah saat ini situasi Papua dan Papua Barat telah kembali normal. Aktivitas ekonomi telah berjalan kembali," kata Jokowi kepada Morrison saat pertemuan bilateral di Bangkok, Thailand, Senin (4/11/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi menyampaikan dirinya telah meresmikan Jembatan Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami.

"Saya juga resmikan Pusat Pengembangan start-up Pemuda Papua, Papuan Youth Creative Hub. Dua hal tersebut merupakan manifestasi komitmen saya untuk membangun Papua," ucap Jokowi.




Presiden Jokowi bertemu PM Australia Scott Morrison di Bangkok, Thailand.Presiden Jokowi bertemu PM Australia Scott Morrison di Bangkok, Thailand. (Foto: Biro Pers Setpres)



Morrison menyampaikan apresiasi atas kunjungan yang dilakukan Jokowi ke Papua. "Kunjungan Papua dan komitmen Presiden Jokowi untuk membangun Papua sangat bermanfaat," ucap Morrison.

"Terima kasih telah berbagi hasil kunjungan ke Papua," kata Morrison.

Terakhir, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Australia atas dukungan kepada Indonesia pada pemilihan anggota Dewan HAM PBB.

"Terima kasih atas dukungan Australia terhadap pencalonan Indonesia," ujar Jokowi.


Simak juga video "Presiden Jokowi Hadiri Pembukaan KTT Ke-35 ASEAN di Bangkok" :

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/fdn)