Menkum HAM Bahas Prolegnas Bersama Baleg DPR, Ada soal Omnibus Law

Menkum HAM Bahas Prolegnas Bersama Baleg DPR, Ada soal Omnibus Law

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 18:26 WIB
Yasonna Laoly (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Yasonna Laoly (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly menggelar rapat tertutup bersama pimpinan Badan Legislasi (Baleg) DPR. Yasonna membahas Program Legislasi Nasional (Prolegnas), termasuk omnibus law.

"Kita membahas Prolegnas. Tentunya dibahas sebetulnya konsep omnibus law supaya kita satu bahasa dengan DPR, Baleg-lah dalam hal ini," kata Yasonna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).

Menurut Yasonna, pihaknya akan menyamakan persepsi dengan sejumlah stakeholder terkait dua omnibus law yang akan disusun, yaitu RUU Cipta Lapangan Kerja dan RUU Pemberdayaan UMKM. Ia berharap pembahasan kedua RUU omnibus law itu bisa segera diselesaikan.

"Kami sudah menjelaskan, ada dua (RUU), Cipta Lapangan Kerja dan Pemberdayaan UMKM. Nampaknya akan disamakan persepsi lagi, akan diundang seluruh stakeholder, khususnya kementerian, baik kementerian Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, Kemenko Kemaritiman, kemudian Menteri Koperasi, Perdagangan, Tenaga Kerja, dan stakeholder lainnya. Supaya ini bisa diselesaikan secepat mungkin," jelas Yasonna.


Yasonna mengatakan, di tingkat kementerian, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan stakeholder kementerian/lembaga. Yasonna juga menyebut dirinya sudah menugasi jajaran eselon I Kemenkum HAM untuk terus mematangkan konsep omnibus law dan bisa masuk Prolegnas.

"Kami harus menargetkan ini betul-betul supaya percepatan pertumbuhan investasi dan cipta lapangan kerja melalui perundang-perundangan ini bisa lebih baik," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2