Sriwijaya: Bus Penumpang di Bandara Ngurah Rai Hanya Keluarkan Asap

Aditya Mardiastuti - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 17:58 WIB
Ilustrasi (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar - Pihak Sriwijaya Airlines memberi penjelasan soal insiden percikan api yang muncul di bus pengangkut penumpang di area Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. GM Sriwijaya Airlines Area Bali Nusra Hermawan mengatakan bus tersebut masih laik jalan.

"Bukan kebakar, tidak ada percikan api, hanya asap, bukan terbakar," kata Hermawan ketika dimintai konfirmasi, Senin (4/11/2019).

Dia mengatakan bus tersebut baru saja menurunkan penumpang di Terminal Kedatangan Domestik. "Bus baru saja menurunkan penumpang terakhir dari Jakarta. Nggak berpenumpang kan (TKP) dia di service area," jelasnya.




Dia memastikan perawatan bus tersebut rutin dilakukan. Total ada empat bus pengangkut penumpang (apron passenger bus) yang dimiliki Sriwijaya Airlines.

"Maintenance ya berkala sih pasti dan itu sudah pasti laik operasi dari Otban. Pastinya laik operasi, kalau nggak kan nggak boleh (jalan)," terangnya.

"Ada empat bus, dan ini baru pertama kalinya," sambung Hermawan.

Pihaknya menyerahkan proses investigasi peristiwa tersebut ke Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV Bali-Nusra. Terkait bus ini, pihaknya akan melakukan perbaikan sembari menunggu arahan dari pihak Otban.

"Sementara kita perbaiki. Kalau memang masih laik tetap kita operasikan, tapi kan itu tergantung penilaian dari Otban," jelas Hermawan.

Peristiwa kebakaran bus ini terjadi sekitar pukul 08.45 Wita. Percikan api muncul dari bagian bawah mesin. Pihak Otban bakal memanggil pihak operator bus dan berkonsultasi ke Ditjen Perhubungan Udara terkait antisipasi peristiwa ini.

"Kami akan konsultasi ke Dirjen Perhubungan Udara dan Direktur Bandar Udara, untuk pembatasan umur kendaraan agar tidak lebih dari sepuluh tahun khusus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir saat dimintai konfirmasi terpisah.


Simak juga video "Kandungan Oksidan Kopi Luwak Dari Bangli Bali" :

[Gambas:Video 20detik]

(ams/fdn)