Ray Rangkuti Tuding Alasan Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK Mengada-ada

Ray Rangkuti Tuding Alasan Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK Mengada-ada

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 15:47 WIB
Foto: Ray Rangkuti (Lisye-detikcom)
Foto: Ray Rangkuti (Lisye-detikcom)
Jakarta - Pendiri Lingkar Madani Ray Rangkuti mempertanyakan alasan Presiden Jokowi tidak mengeluarkan Perppu KPK atas dasar sopan santun. Ray pun menyoroti penempatan sopan santun yang diungkapkan Jokowi.

"Presiden misalnya tidak mengeluarkan Perppu karena sopan santun itu saya tidak mengerti itu ditempatkan di mana," ujar Ray di Kantor Formappi, Jalan Matraman Raya, Matraman, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019).



Menurut Ray sopan santun tidak dikenal dalam hubungan antar lembaga negara. Ray menjelaskan tidak ada aturan yang melarang Presiden mengeluarkan kebijakan saat uji materi tengah berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sejauh yang kita ketahui baik di konstitusi maupun di undang-undang tidak ada aturan yang mengatakan 'Seorang presiden tidak boleh mengeluarkan kebijakan manakala satu kebijakan tertentu lagi diuji di Mahkamah Konstitusi' nggak ada ketentuan itu," lanjut Ray.

"Lebih dari itu alasan tidak mengeluarkan Perppu karena sopan santun itu rasanya tidak dikenal dalam hubungan antar lembaga negara," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3