Fadli Zon Jadi Ketua BKSAP DPR, Mulan Jameela-Guruh Anggotanya

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 14:00 WIB
Foto: Fadli Zon ditetapkan jadi Ketua BKSAP DPR (Azizah/detikcom)
Foto: Fadli Zon ditetapkan jadi Ketua BKSAP DPR (Azizah/detikcom)

Sebagai Ketua BKSAP, Fadli Zon akan mengutamakan isu-isu Papua hingga Palestina dalam diplomasi parlemen dunia. Menurut Fadli, hal itu adalah bagian first track diplomacy dengan tetap mengutamakan kepentingan nasional.

"Termasuk isu-isu yang akan kami back up dan dukung diplomasi terkait isu Papua, kita punya forum yang disebut Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership. Lalu isu-isu SDG yang merupakan agenda dunia dan Indonesia tentu saja, 17 poin itu, dan isu-isu kawasan perbatasan, regional, konflik-konflik, human right, termasuk soal Palestina dan juga masyarakat-masyarakat bertindak sesuai aspirasi masyarakat," jelas Fadli.



Agenda terdekat BKSAP, kata Fadli, adalah menghadiri agenda Organisasi Parlemen Global melawan Korupsi (Global Organization of Parliamentarians Againts Corruption/GOPEC). Selain itu, BKSAP juga akan disibukkan dengan agenda multilateral dan regional lain.

"Kita ada konferensi GOPEC ya, saya kan kebetulan Presiden dari Organisasi Parlemen Dunia Anti-korupsi, masa jabatan saya berakhir Desember ini. Besok saya berangkat ke Doha untuk MoU dengan Parlemen Qatar, dan bulan depan ada konferensi parlemen dunia anti-korupsi di Doha. Selain itu ada agenda-agenda multilateral dan agenda regional di bulan Januari dan seterusnya," ujarnya.

Daftar lengkap anggota BKSAP bisa dilihat di halaman berikutnya:
Selanjutnya
Halaman
1 2 3