Komisi II Rapat soal Peraturan KPU, Gerindra Soroti Petugas KPPS Meninggal

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 04 Nov 2019 11:01 WIB
Ilustrasi Gedung KPU (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) guna membahas rancangan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Fraksi Gerindra menyoroti soal aturan tentang syarat umur petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Draf peraturanKPUPilkada perlu diperdalam, khususnya Pasal 3 tentang syaratPPKPPS danKPPS ayat B, usia paling rendah 17 tahun dan paling tinggi 60 tahun," kata anggota Komisi II dari FraksiGerindra,Kamrusamad, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019).


Komisi II Rapat soal Peraturan KPU, Gerindra Soroti Petugas KPPS MeninggalSuasana RDP di Komisi II DPR (Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)

RDP tersebut digelar di ruang rapat Komisi II DPR, Kompleks MPR/DPR. Adapun mitra kerja Komisi II yang diundang RDP di antaranya KPU, Bawaslu, dan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kamrussamad menilai syarat usia petugas KPPS perlu dibahas kembali karena pengalaman di Pilpres 2019, ketika banyak petugas KPPS yang meninggal.

"Berdasarkan pengalaman pilpres, pileg serentak kemarin (2019) banyak korban petugas KPPS. Karena itu, perlu dipertimbangkan usia minimal 20 tahun dan paling tinggi 45 tahun," jelasnya.


Kamrussamad berpendapat bahwa diperlukan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019. Salah satu hal yang dinilai perlu dievaluasi adalah netralitas aparatur sipil negara (ASN).

"Melakukan evaluasi pemilu yang lalu dengan isu krusial, pertama calon tunggal pilkada yang dikondisikan, politik uang yang masih mewarnai pilkada, sentra Gakkumdu yang harus diperkuat dan netralitas ASN birokrasi," terang Kamrussamad.




Tonton juga video KPU Waspadai Adanya Serangan Siber di Pilkada 2020:

[Gambas:Video 20detik]

(zak/dhn)