PLN Selidiki Penyebab Terbakarnya Kabel Bawah Tanah di Cikini

PLN Selidiki Penyebab Terbakarnya Kabel Bawah Tanah di Cikini

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 23:15 WIB
Kabel Bawah Tanah di Cikini Raya Terbakar (Foto: 20Detik)
Kabel Bawah Tanah di Cikini Raya Terbakar (Foto: 20Detik)
Jakarta - Saluran Kabel Tegangan Rendah (SKTR) yang berada di bawah tanah di kawasan Cikini Raya, Jakarta Pusat, sempat mengeluarkan percikan api pagi hari tadi. PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya tengah menyelidiki penyebab terbakarnya kabel tersebut.

"Penyebab keluarnya api masih dalam penyelidikan, indikasi awal karena kabel yang luka bisa terjadi karena vandalisme atau terkena pekerjaan lain," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jakarta Raya, Tris Yanuarsyah dalam keterangan tertulis, Minggu (3/11/2019).

Tris mengatakan, indikasi awal, kabel bawah tanah yang terbakar karena adanya kabel yang luka. Luka tersebut, kata dia, bisa disebabkan karena vandalisme atau karena imbas pekerjaan lain.

Dia pun menjelaskan jaringan kabel yang diduga menjadi sumber percikan api telah beroperasi sejak September 2019 dan sudah selesai ditanam di jalur bawah tanah. Pihaknya pun saat ini terus melakukan penyelidikan terkait jaringan kabel yang bermasalah.

"Saat ini petugas PLN sedang mengganti 40 meter kabel listrik tegangan rendah bawah tanah dan akan memasang pipa pelindung kabel," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2