Koster Sudah Setuju, Penataan Pelabuhan Benoa Jalan Lagi

Aditya Mardiastuti - detikNews
Minggu, 03 Nov 2019 15:45 WIB
Koster setuju penataan Pelabuhan Benoa jalan lagi. (Dok. Pelindo III)
Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster kini sudah menyetujui perubahan desain penataan di Pelabuhan Benoa, Bali, yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Proses pembangunan di lahan reklamasi yang sempat terhenti pun bakal dilanjutkan.

"Ini prosesnya panjang. Sampai empat kali perubahan sampai dengan desain final. Perubahan desain ini saya yang mengawal langsung, sehingga menampung kebutuhan dan aspirasi masyarakat Bali. Termasuk penyediaan lapangan khusus untuk upacara keagamaan seluas satu hektare," kata Koster dalam keterangan tertulis, Minggu (3/11/2019).


Kegiatan reklamasi di Pelabuhan Benoa ini mulanya sempat terhenti karena reklamasi area dumping I dan dumping II menyebabkan belasan hektare mangrove rusak. Dengan desain baru ini, 13 hektare dari area dumping I bakal menjadi hutan kota, sementara 12 hektare sisanya akan menjadi 'cold storage' perikanan yang bisa memenuhi kebutuhan kapal cruise serta permintaan ekspor.

Kemudian 23 hektare di area dumping II akan digunakan sebagai hutan kota, dan 22 hektare sisanya akan menjadi fasilitas curah cair, yakni terminal BBM, avtur, dan gas. Koster menyebut terminal BBM ini bakal menjadi pengisi bahan bakar kapal cruise yang selama ini dilakukan di Singapura.

Koster Sudah Setuju, Penataan Pelabuhan Benoa Jalan LagiKoster setuju penataan Pelabuhan Benoa jalan lagi. (Dok. Pelindo III)

"Kemudian terminal gas kaitannya dengan Bali energi bersih. Semua menggunakan energi terbarukan, sehingga di situ akan dibuat terminal gas untuk mensuplai ke PLN," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2