BNPT Tetap Waspadai Penyebaran Ideologi Teroris Usai Al-Baghdadi Tewas

BNPT Tetap Waspadai Penyebaran Ideologi Teroris Usai Al-Baghdadi Tewas

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 18:03 WIB
Kepala BNPT Suhardi Alius (Ari Saputra/detikcom)
Kepala BNPT Suhardi Alius (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menilai kematian pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tidak menghentikan berkembangnya ideologi kelompok teroris, seperti ISIS. Menurut BNPT, penguatan masyarakat tetap harus dilakukan untuk mencegah terorisme berkembang.

"Saya sering ditanya apakah (pemimpin ISIS tewas) ini sudah selesai? Tidak, ini ideologi kok, ideologi tidak pernah mati. Begitu tidak ada dia, langsung angkat lagi yang baru. Begitu seterusnya. Oleh sebab itu, kita justru harus menguatkan masyarakat punya resilience, punya imunitas untuk itu," kata Kepala BNPT Suhardi Alius kepada wartawan di kantor BNPT, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).



Dia mengatakan tokoh dari kelompok teroris bisa saja mati. Namun tokoh tersebut nantinya bisa berganti dengan tokoh lain.

"Masalah tokoh itu dia bisa berganti, mati satu bisa tambah banyak lagi dia. Tinggal bagaimana karismanya, aktif atau tidak. Sekarang masalahnya bagaimana kita mencegah paham itu masuk ke anak kita supaya kita punya resilience," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2