Vonis Anak Buah Napi Mafia Sabu Ramli Diperberat Jadi Penjara Seumur Hidup

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 14:21 WIB
Ilustrasi (dok.detikcom)
Ilustrasi (dok.detikcom)

Tapi vonis majelis hakim PN Bireuen lebih ringan yaitu 20 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar. Mendengar putusan tersebut, jaksa tidak terima lalu mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

Apa kata majelis hakim Pengadilan Tinggi Banda Aceh?

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut di atas dengan pidana penjara selama seumur hidup. Menetapkan agar terdakwa tetap ditahan," putus hakim Pengadilan Tinggi Banda Aceh seperti dikutip detikcom dari situs resmi pengadilan, Jumat (1/11/2019).

Putusan ini diketok pada Rabu (30/10) kemarin. Duduk sebagai sebagai majelis hakim Djumali dan hakim anggota masing-masing Sigit Sutanto dan Moch Zaenal Arifin.

Seperti diketahui, Saifan merupakan anak buah Ramli, napi Lapas Tanjung Gusta yang divonis mati oleh PN Lhoksukon, Aceh Utara, Aceh. Penangkapan Saifan, disebut BNN berkaitan dengan Ramli.

"Penangkapan ini masih berkaitan dengan penyitaan barang bukti 72 bungkus narkoba sabu dan ekstasi yang dikendalikan oleh Ramli napi LP Tanjung Gusta," jelas Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari kepada detikcom, Kamis (24/1/2019).

"Barang bukti yang disita berasal dari Malaysia dibawa dengan kapal yang berbeda dengan waktu yang hampir bersamaan, merupakan bagian dari sindikat Ramli cs," kata Arman.
Halaman

(agse/asp)