detikNews
Kamis 31 Oktober 2019, 17:43 WIB

Seperti Apa Konservasi Versi Islam di RI?

Puti Yasmin - detikNews
Seperti Apa Konservasi Versi Islam di RI? Seperti Apa Konservasi Versi Islam di RI?/Foto: Mustiana Lestari/Didik Dwi Haryanto
Jakarta - Konservasi atau pelestarian alam menjadi syariat yang diperintahkan oleh Allah SWT. Bahkan, di zaman Rasulullah kegiatan tersebut telah dilakukan.

Lantas, seperti apa konservasi versi Islam di Indonesia?

Menurut Penulis Buku 'Konservasi Alam Dalam Islam' Fachruddin Mangunjaya ada salah satu bentuk konservasi Islam yang terdapat di Indonesia, yakni larangan memakan beberapa jenis satwa.

Larangan tersebut, kata Fachruddin, merupakan bentuk konservasi agar satwa tak punah. Dengan begitu, keseimbangan alam bisa tetap terjaga.



"Misalnya (konservasi) doktrin yang nggak boleh memakan satwa tertentu, misal untuk kesehatan dan lain-lain," kata dia kepada detikcom di sela-sela peluncuran buku 'Konservasi Dalam Agama Islam' di Unas, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Lebih lanjut, ia menyayangkan bahwa masih banyak masyarakat yang tak mengetahui bahwa konservasi itu diajarkan dalam Islam.

"Tapi orang nggak sadar itu sudah diajarkan dalam Islam. Padahal itu bukan cuma bilang bagaimana mengelola pola konsumsi tetapi untuk melestarikan jadi itu pengaruh (pelestarian)," sambung dia.



Terkait hal itu, Guru Besar Kebijakan Kehutanan IPB, Prof Hariadi Kartodihardjo mengatakan panduan konservasi dalam Islam bisa menggalakkan konservasi di masyarakat.

Sebab, dengan aturan yang pasti, yakni syariat Islam, masyarakat tentu akan melaksanakan konservasi dengan baik.

"Konservasi bukan melarang-larang tapi itu hukum kearifan lokal. Kalau nggak ada pemahaman ini seberapa orang percaya ini dilarang atau ini baik," tutup dia.
(pay/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com