Didakwa Alirkan Duit ke Jennifer Dunn, Wawan: Kita Buktiin di Sidang

Didakwa Alirkan Duit ke Jennifer Dunn, Wawan: Kita Buktiin di Sidang

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 17:24 WIB
Tubagus Chaeri Wardana/Foto: Ari Saputra
Tubagus Chaeri Wardana/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Jaksa KPK menduga uang hasil korupsi yang dilakukan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan mengalirkan ke sejumlah selebritis. Wawan menyebut akan membuktikan dalam pemeriksaan saksi di persidangan.

"Nanti kita buktiin di persidangan, nanti di pemeriksaan saksi," kata Wawan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Tercatat ada nama Jennifer Dunn, Irwansyah, Cathrine Wilson, Rebecca Soejatie Reijman, dan Reny Yuliana yang disebut jaksa menerima aliran korupsi dari Wawan. Wawan juga membelikan mobil untuk selebritis tersebut.




Pengacara Wawan, Maqdir Ismail mengaku tidak mengetahui peruntukan mobil untuk selebritis tersebut. Menurut Maqdir, perlu ada pembuktian dakwaan pencucian uang yang disangka Wawan.

"Saya belum baca secara persis soal itu. Secara umum TPPU ini yang hanya disebutkan pengadaan alkes Banten dan Tangsel, apakah harta lain yang disita dan mobil tadi apakah dari kejahatan ini bukan? Meski ditunjukkan malah tadi secara global dikatakan sejumlah ada keuntungan hasil korupsi," jelas Maqdir.

Wawan didakwa merugikan negara Rp 94,3 miliar terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Perbuatan Wawan disebut memperkaya diri sendiri, orang lain dan korporasi.



Selain itu, Wawan juga melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Wawan telah mengalihkan harta ke berbagai perusahaan serta membelanjakannya ke beragam aset seperti mobil hingga rumah.


Simak juga video "Dipanggil KPK, Ini Profil Nico Siahaan" :

[Gambas:Video 20detik]

(fai/fdn)