Gerindra Tak Hadir, Sidang Caleg Sulsel yang Gugat Mulan Jameela Ditunda

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 16:15 WIB
Misriyani Ilyas (Yulida/detikcom)
Misriyani Ilyas (Yulida/detikcom)
Jakarta - Partai Gerindra dan pihak Mulan Jameela cs tidak menghadiri sidang perdana gugatan perlawanan yang diajukan mantan caleg Partai Gerindra asal Sulsel, Misriyani Ilyas. Hakim memutuskan menunda persidangan karena tidak dihadiri pihak terlawan.

"Kepada para pihak disampaikan karena ini baru panggilan pertama maka persidangan belum bisa kita lanjutkan. Akan dipanggil lagi para terlawan, dan kepada turut terlawan supaya melengkapi surat kuasa," kata ketua majelis hakim Joni di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2019).

Sidang tersebut hanya dihadiri KPU RI selaku turut tergugat, sementara pihak terlawan Mulan Jameela Cs dan DPP Partai Gerindra tidak menghadiri sidang. Sidang selanjutnya akan ditunda 3 pekan dan akan kembali digelar pada 21 November mendatang.


Menanggapi itu, pengacara Misriyani, Muhammad Burhanuddin, meminta hakim menggelar sidang secara cepat. Sebab, dia khawatir pihak terlawan V, yakni caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Adam Muhammad, akan dilantik saat proses sidang gugatan tersebut berlangsung.

"Kami pelawan dalam hal ini punya waktu karena mumpung terlawan V ini belum proses pelantikan Yang Mulia, jadi jangan sampai terlawan V ini memakai untuk mengundur waktu," kata Burhanuddin.

Seusai persidangan, Burhanuddin mengatakan caleg DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi Gerindra belum ada yang dilantik. Ia berharap pelantikan belum akan digelar sampai proses persidangan tersebut selesai.


"Jadi caleg yang mau menggantikan Bu Misriyani ini belum dilantik juga. Kalau ini lama waktunya, momentumnya lewat, dia (Adam) ngurus, terus kan bisa dilantik nanti. Kalau sudah dilantik kan sudah agak sulit. Mumpung belum, kita akan minta putusan sela juga buat sama-sama, ini status quo dulu. Tidak ada yang dilantik, sampai ada kejelasan terhadap putusan ini," kata Burhanuddin.

Selanjutnya
Halaman
1 2