detikNews
2019/10/31 15:49:41 WIB

Sidang Dakwaan TPPU Wawan

Wawan Cuci Uang Beli Mobil Mewah: Dari Rolls-Royce hingga Lamborghini

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 4
Wawan Cuci Uang Beli Mobil Mewah: Dari Rolls-Royce hingga Lamborghini Tubagus Chaeri Wardana (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Jaksa KPK mendakwa Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Duit yang digunakan Wawan disebut sebagai hasil korupsi.

"Perbuatan menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang atau surat berharga, atau perbuatan lain atas harta kekayaan," ujar jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Jaksa merinci perbuatan Wawan sebagai berikut:
- Menempatkan atau mentransfer uang yang diduga dari tindak pidana korupsi ke rekening atas nama Wawan, atas nama orang lain, atas nama perusahaan milik Wawan, atas nama perusahaan di bawah kendali Wawan;
- Membelanjakan atau membayarkan puluhan kendaraan bermotor dan tanah bangunan; dan
- Membiayai keperluan pilkada atas nama Airin Rachmi Diany (istri Wawan) dan Ratu Atut Chosiyah (kakak Wawan).



Wawan disebut jaksa tercatat mengendalikan 4 perusahaan, yaitu PT Bali Pasific Pragama (BPP), PT Buana Wardana Utama (BWU), PT Putra Perdana Jaya (PPJ), dan PT Citraputra Mandiri Internusa (CMI). Tiap perusahaan itu dipimpin orang yang berbeda-beda yang ditunjuk oleh Wawan.

Perusahaan-perusahaan itu digunakan Wawan untuk mendapatkan proyek di Banten dan Tangerang Selatan (Tangsel). Saat itu Gubernur Banten dijabat Ratu Atut, yang merupakan kakak Wawan. Sedangkan Tangsel dipimpin Airin Rachmi Diany yang merupakan istri Wawan sebagai Wali Kota.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com