detikNews
Kamis 31 Oktober 2019, 14:26 WIB

Mengenal Pelestarian Alam dalam Agama Islam

Puti Yasmin - detikNews
Mengenal Pelestarian Alam dalam Agama Islam Peluncuran buku konservasi alam dalam Islam (Foto: Puti Yasmin/detikcom)
Jakarta -

Lingkungan hidup merupakan salah satu ciptaan Allah SWT. Maka, penting untuk melestarikan guna menjaga keseimbangan mahluk hidup.



Dalam agama Islam sendiri, Allah SWT berfirman bahwasanya penting sekali menjaga kelestarian. Sebab, manusia pada dasarnya mengikuti hawa nafsu yang bisa membawa pada kehancuran.

"Kalau sekiranya kebenaran mengikuti hawa nafsu mereka niscaya binasalah langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya." (Quran Surat Al-Mu'minun (23): 71)

Terkait hal ini, Penulis Buku 'Konservasi Alam Dalam Islam', Fachruddin Majeri Mangunjaya mengatakan selama ini masyarakat mengetahui konservasi atau pelestarian lingkung hidup merupakan program modern. Padahal, kegiatan ini telah dibahas dalam Islam sejak lama.



"Ini konservasi (dikenal) sebagai sesuatu modern. Tetapi orang nggak tahu bahwa ini sudah dijalankan sejak lama. Kan ini kebijakan yang baru setelah kemerdekaan," jelasnya dalam acara Launching Buku 'Konservasi Alam Dalam Islam' di Unas, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Selain itu, kata Fachruddin, adanya pendoman agama dalam konservasi bisa membuat masyarakat memahami arti penting pelestarian. Sehingga tidak hanya sekadar pandangan.

"Manusia memandang hutan hanya sebagai sumber tetapi kalau punya pemahaman harus dijaga berarti bukan hanya menjadi pengetahuan normatif tetapi keyakinan," imbuhnya.

Ia pun berharap masyarakat saat ini dapat mengelola bumi beserta lingkungan hidup berdasarkan syariat. Dengan begitu, terdapat keseimbangan hidup.

"Oleh karena itu Islam diharapkan dapat tampil menjawab dan menyelamatkan bumi," tutup dia.




(pay/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com