detikNews
2019/10/31 08:36:10 WIB

Soal Anggaran Aibon-Pulpen Miliaran, PKS DKI: Birokrat Tak Cermat

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Anggaran Aibon-Pulpen Miliaran, PKS DKI: Birokrat Tak Cermat Ruang Paripurna DPRD DKI (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai masalah anggaran yang muncul tiap tahun disebabkan sistem yang diwarisi dari masa ke masa. Fraksi PKS di DPRD DKI membela Anies dan mengatakan aparat tak cermat dalam penyusunan anggaran.

"Sepakat dengan Gubernur. Faktanya memang aparat birokrasi sering tidak cermat dalam menyusun anggaran. Selain itu juga perencanaannya sering bermasalah. Dan ini setiap tahun sering sekali terjadi, " kata Ketua Fraksi PKS Mohammad Arifin, kepada wartawan, Rabu (30/10/2019) malam.



PKS juga menyinggung transparansi anggaran untuk menanggulangi masalah ini. Dia memandang semua pihak harusnya bisa mengetahui anggaran daerah.

"Transparansi anggaran itu penting, bukan hanya anggota DPRD yang bisa mengakses, tapi publik dan masyarakat harus bisa mengaksesnya agar bisa ikut mengawasi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai masalah penganggaran sudah terjadi selama bertahun-tahun dan pangkalnya adalah di sistem. Dia merasa mendapat 'warisan'.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com