Ortu Siswa Gugat Sekolah, KPAI: Guru SMA Gonzaga Berhak Menilai Murid

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 07:12 WIB
Foto: Lisye/detikcom
Jakarta - Seorang wali murid menggugat SMA Kolese Gonzaga Jakarta hingga Dinas Pendidikan DKI Jakarta karena anaknya tidak naik kelas. Terkait masalah itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menganggap guru dan sekolah punya hak dalam menentukan nasib siswa.

"Dalam UU Guru dan Dosen, guru berhak memberikan penilaian terhadap peserta didik sesuai kaidah pendidikan, kode etik guru dan peraturan perundang-undangan," kata Ketua KPAI, Susanto, kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).



Dia menekankan, penilaian yang diberikan guru sesuai dengan kaidah pendidikan, kode etik guru dan norma yang berlaku. Jika sesuai dengan unsur tersebut, maka keputusan guru bisa dibertanggungjawabkan.

Komisioner KPAI Retno Listyarti, juga mengatakan hal serupa. KPAI juga memilih untuk mempercayakan masalah itu pada penegak hukum

"KPAI menghormati gugatan yang dilayangkan seorang ibu karena anaknya diputuskan tidak naik kelas dalam rapat dewan guru di salah satu SMA swasta di DKI Jakarta. Sebagai warga negara, yang bersangkutan berhak menggunakan haknya mencari keadilan," ujar Retno.

Selanjutnya
Halaman
1 2