Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Kiamat Besar Menurut Hadits Rasulullah

Erwin Dariyanto - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 05:00 WIB
ilustrasi tanda-tanda kiamat (Foto: NASA)
Jakarta -

Pernah suatu ketika Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya oleh orang-orang kafir Quraisy tentang kapan terjadinya hari kiamat kubra (hari akhir). Rasulullah kemudian menyebutkan sejumlah tanda-tanda kiamat.

Pertanyaan soal hari kiamat itu disampaikan berulang-ulang dalam beberapa kali kesempatan. Beberapa sahabat juga bertanya soal kiamat. Sejumlah ulama berpendapat bahwa pertanyaan sengaja disampaikan oleh kaum kafir Quraisy dengan nada mendustakan dan tidak percaya datangnya kiamat.

Ada dua kiamat menurut Islam, yakni kiamat kecil (sugra) dan kiamat besar (kubro). Tanda kiamat kecil terjadi sejak diutusnya Rasulullah SAW, seperti wafatnya Rasul SAW, disia-siakannya amanat, penggembala menjadi kaya, banyak terjadi pembunuhan, dan fitnah yang merajalela.

Perihal hari kiamat hanya Allah SWT yang tahu. Tak ada seorang pun yang diberi tahu. Di dalam Al Quran surat Al-A'raf ayat 187 Allah SWT berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ

Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, 'Bilakah terjadinya?' Katakanlah, 'Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia."



Selanjutnya
Halaman
1 2 3